Anak-anak harus dididik dari sedini mungkin agar mereka dapat berkembang menjadi anak-anak yang baik. Mendidik anak-anak bukan hanya dengan memasukkan mereka ke sekolah sedini mungkin misalnya saat mulai 2 tahun, tetapi bagaimana orang tua berperan dalam pendidikan mereka. Pertama, ajarkanlah mereka dengan tata karma. Dengan ada tata karma anak-anak akan terbiasa sopan dengan siapa saja yang dia temui dan dia akan dapat berbaur dengan masyarakat yang baik.

mendidik anakAjarkanlah mereka menggunakan sendok, bagaimana cara makan dengan baik. Setelah itu, mendidik anak bukan dengan memarahi dan bersifat diktaktor agar anak tidak semakin membelot dan memberontak kepada kita. Mendidik sang anak dapat dilakukan dengan cara diplomatis yaitu menganggap anak kita sebagai teman kita sendiri agar mereka nyaman dengan orangtua mereka sehingga mereka akan bersikap terbuka bagi orangtua dan kita dapat mendidik mereka dengan santai. Kita jangan terus memarahi mereka jika ada salah tetapi kita harus mendidik anak-anak kita dengan menasehati mereka agar mereka tidak mengulangi kesalahan-kesalahan mereka. Jika mereka mendapatkan prestasi, kita dapat memberikan mereka suatu hadiah agar mereka tetap termotivasi untuk melakukan hal yang membuat mereka dapat berprestasi.

Mendidik anak-anak dengan memasukkan mereka ke sekolah sangat tidak efektif karena jika mereka terlalu dini untuk bersekolah, mereka akan cepat bosan dengan kegiatan ajar-mengajar sehingga mereka akan menjadi tidak niat sekolah dan mereka akan malas pergi ke sekolah. Ketika mereka malas pergi ke sekolah mereka akan malas belajar sehingga itu akan mempengaruhi nilai mereka dan prestasi mereka dalam belajar. Hal itu juga akan mempengaruhi ketika mereka akan bekerja nantinya dan mempengaruhi sifat malas untuk belajar dan bekerja.